Resep Puding Pepaya Santan untuk Buka Puasa
Boga & Wisata

Resep Puding Pepaya Santan untuk Buka Puasa

Puding merupakan makanan sehat yang kaya serat dan rasanya nikmat. Resep puding pepaya santan untuk berbuka puasa berikut ini bisa dibuat siapa saja, tidak hanya oleh wanita tetapi juga pria. Cara membuatnya juga begitu simpel dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Puding ini dibuat dari bahan-bahan yang mudah diperoleh di sekitar kita. Pepaya yang mempunyai nama ilmiah Carica papaya L. sendiri menjadi salah satu buah yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh kita. Dengan mengonsumsi buah yang berasal dari Amerika Tengah ini, kita bisa mendapatkan berbagai manfaat. Mulai dari melancarkan pencernaan, membantu mengurangi gejala peradangan, melindungi kuit dari tanda-tanda penuaan, hingga mengurangi risiko kanker.

Buah pepaya ini sangat mudah untuk diperoleh. Kita bisa mendapatkannya di toko buah atau supermarket terdekat, atau tukang buah keliling. Jika ada lahan kosong di halaman atau pekarangan, kita bisa memanfaatkannya dengan menanam pepaya yang cepat tumbuh dan berbuah serta tidak memerlukan perawatan yang sulit.

Bahan untuk puding atau agar-agar juga mudah didapat. Agar-agar pada umumnya terbuat dari rumput laut yang kaya protein dan serat. Beragam manfaat yang bisa kita peroleh dari agar-agar, yaitu merangsang produksi kolagen yang bisa mengurangi tanda penuaan, menyehatkan rambut, menurunkan kolesterol, dan lainnya.

Sementara bahan santan juga tidak sulit diperoleh. Kita bisa membuatnya sendiri dari buah kelapa yang diparut dan diperas sarinya. Bila tidak ingin repot, kita cukup membeli santan bubuk atau cair di toko atau minimarket.

Resep Puding Pepaya Santan untuk Berbuka Puasa

Resep puding pepaya santan ini saya tuliskan berdasarkan pengalaman pribadi pada bulan puasa tahun lalu saat mengikuti kompetisi foto yang diadakan oleh salah satu produsen santan. Saya menjadi salah satu pemenang kompetisi ini.
Banyak peserta yang menampilkan kuliner lezat berbahan santan, seperti soto ayam, sayur lodeh, gulai, opor ayam, kolak pisang, dan bermacam kuliner lainnya. Melihat hasil olahan para peserta, pada awalnya saya tidak punya niat untuk ikut serta.

Hingga di hari-hari terakhir, barulah saya iseng-iseng ikut kompetisi ini. Saya sendiri tidak hobi memasak, juga tidak punya keahlian memasak. Karena itu saya memilih masakan berbahan santan yang mudah dibuat. Puding pepaya menjadi pilihan saya. Selain gampang dibuat, menurut saya penampilannya juga menarik untuk difoto dan diunggah ke media sosial.

Untuk membuat puding pepaya santan, bahan-bahan yang diperlukan sebagai berikut:
1 buah pepaya matang, pilih buah yang berukuran besar dan tidak lembek
1 sachet bubuk agar-agar, pilih warna putih atau hijau
Santan bubuk atau cair secukupnya
200 gram susu kental manis
4 sendok makan gula pasir
900 cc air matang

Cara Membuat Puding Pepaya Santan

– Kupas buah pepaya dan buang kulitnya. Belah buah pepaya yang sudah bersih tersebut sedemikain rupa menjadi dua bagian. Buang biji-bii pepaya hingga bersih. Perbesar rongga buah pepaya dengan cara mengeruk atau mengambil daging buah di sekitar rongga tersebut dengan sendok. Ambil beberapa daging buah tersebut dan potong kecil-kecil.
– Masukkan air matang dan bubuk agar-agar ke dalam panci. Rebus hingga mendidih.

– Masukkan santan bubuk atau cair, gula pasir, dan susu kental manis ke dalam panci. Aduk perlahan hingga semua bahan larut dan merata.
– Setelah adonan agar-agar matang, tuang atau masukkan ke dalam rongga buah pepaya. Masukkan juga potongan kecil buah pepaya yang sudah kita siapkan sebelumnya untuk mempercantik penampilan puding yang sedang kita buat.

– Masukkan pepaya yang sudah terisi agar-agar tersebut ke dalam kulkas. Perhatikan juga bagaimana posisinya di dalam kulkas, agar cairan agar-agar tidak mengalir atau tumpah.
– Tunggu hingga agar-agar dingin dan mengeras menjadi puding.
– Potong puding pepaya dan sajikan di atas piring.

Puding ini memiliki rasa yang enak, yaitu perpaduan antara rasa manis-gurih puding santan dan rasa manis khas buah pepaya matang. Penampilannya juga menarik, membuat semua orang ingin mencicipinya.

Demikian resep puding pepaya santan yang cocok dijadikan menu berbuka puasa. Selamat mencoba!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published.