Sosbud & Sejarah

Pandemi dan Momentum Kebangkitan Nasional

Pandemi dan Momentum Kebangkitan Nasional

Related Posts

15 Comments

  1. 3835info

    Keren, memang di saat seperti ini kita sebagai bangsa harus bersatu. agar tak memunculkan aktor profokasi. semoga segera berlalu dan kita bisa aktifitas seperti dulu, salam sehat

    1. Yuni

      Belajar dari tulisan ini ternyata latar belakang didirikannya STOVIA karena wabah penyakit cacar. Setidaknya disaat seperti sekarang ini kita harus belajar semangat maju, bersatu dan pantang menyerah dari pendahulu kita. Bahwa pandemi bukan untuk ditangisi atau disesali tetapi harus menciptakan semangat baru semoga kehidupan baru kita bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

  2. Lina W. Sasmita

    Pandemi global yang mengungkung negara-negara untuk melokalisir warganya tetap stay di negara masing-masing justru adalah kekuatan Indonesia untuk bangkit dengan memproduksi berbagai barang secara lokal sehingga rakyatnya mampu berdiri sendiri tanpa bantuan asing. Ini adalah moentum kebangkitan untuk semua lapisan masyarakat bahu-membahu menyelamatkan perekonomian dan keutuhan negara.

  3. Hani

    Aku kok terharu baca artikel ini. Kebayang zaman 1800-an, ada pandemi kita malah bersatu. Zaman sekarang, kita malah berantem…hiks…Jadi deh, pandemi engga selesai-selesai. Mudah-mudahan yg masih mengganggap remeh virus, jadi sadar deh, bahwa pandemi ini memang ada.

  4. Wiwin | Pratiwanggini.net

    Sedihnya sekarang tu para nakes sendiri pada beda pendapat. Akibatnya masyarakat awam seperti saya ini bingung. Harusnya ‘kan mereka memberikan edukasi yang kompak kepada masyarakat awam. Ini malah pada punya pendapat dan cara sendiri-sendiri. Masing-masing mengklaim mereka benar. Aduhhhh… Rasanya semangat kebangkitan nasional ini hanya tinggal semangat di dalam dada. Hiks..

  5. Dewi Adikara

    MasyaAllah, Dewi baru tahu wabah cacar ini sampai menjadi titik balik kebangkitan… Semoga pandemi ini bisa menjadi kebangkitan baru bagi kita semua ya…

  6. Sapti nurul hidayati

    Inilah pentingnya kita belajar sejarah ya mbak..jadi kita bisa belajar bagaimana para pendahulu kita menghadapi masalah. Semangat mengabdi dan rela berkorban yang ditunjukkan harus kita contoh untuk membantu menyelesaikan masalah bersama ini. Minimal disiplin mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Dengan selalu memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah.

  7. Sapti nurul hidayati

    Ini pentingnya kita belajar sejarah ya. Jadi kita tahu bagaimana perjuangan pendahulu kita dalam menyelesaikan masalah. Kita bisa mencontoh kegigihan dan pengorbanan mereka juga. Dan bisa kita terapkan di saat sekarang. Misalnya dalam menghadapi pandemi. Masing-masing kita bisa sadar untuk memberi kontribusi sesuai dengan kemampuan kita. Misal untuk masyarakat awam, cukup dengan disiplin memakai masker ketika beraktifitas di luar ruangan.

  8. Eri Udiyawati

    Semoga kita mampu meneladani para pendiri dalam menghadapi wabah dan menjadi titik balik kebangkitan.

    Pandemi yang saat ini terjadi memang sudah menyusahkan di segala aspek. Tapi kita juga tidak boleh menyerah, menerapkan protokol kesehatan dan menghindari profokasi.

  9. Nurul Fitri Fatkhani

    Nah iya, seharusnya kita semua bisa berkaca pada peristiwa besar yang sedang terjadi. Semestinya kita bisa memiliki semangat yang sama dengan para pendahulu kita untuk bersikap positif, dengan menjadikan pandemi sebagai momentum untuk bangkit.

  10. Siti Mustiani

    Nambah ilmu lagi nih setelah baca artikel ini, pada dasarnya kita sudah pernah mengalamai permasalahan yang hampir mirip, dan sekarang bagaimana kita semua bersatu untuk tetap bertahan, utuh dan bangkit bersama dimasa pandemi seperti ini.

  11. Ari Santosa Pamungkas

    Semangat kebersamaan ini, kuyakin sudah ada sejak dahulu kala di negeri ini. Gotong royong menanam padi secara bergiliran misalnya, merupakan contoh yang masih dipakai hingga saat ini. Itulah kenapa pelajar STOVIA juga menerapkan hal yang senada.

    Semoga kebersamaan kita semua ini tidak akan lekang oleh waktu ya Kak … Aamiin.

  12. Rini Novita Sari

    benenan berdoa pandemi segera berakhir biar masayarakat ga bingung lagi mikir hidurp kedepannya

    tapi meski begitu kita sbg manusia cuman bisa berpasrah, semoga apa yang ada skrg bisa jadi titik balik kebangkitan negara kita dan kita sebagai pribadi manusia juga ya kak

  13. Heizyi

    Baca artikel ini kayak kembali belajar sejarah seperti waktu SMA. Jadi flashback gitu.

    Dan pandemi ini juga mengingatkan kita, bahwa berjuang itu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

  14. KakaKiky

    Sering berkaca dari sejarah yang telah terjadi merupakan salah satu cara ampuh untuk menghadapi masa depan. Semoga kita bisa menghadapi masa pandemi ini dengan bersatu dan tidak terpecah belah. Jangan mudah terprovokasi oleh isu-isu yang hanya hoax belaka.

Leave a Reply