Mempersiapkan Konten untuk Postingan Instagram

mempersiapkan konten instagram

Instagram merupakan media sosial yang sangat populer bagi warganet. Berbagai unggahan berupa gambar sebagai ciri utama di media sosial ini memang mampu menarik perhatian. Tak heran jika Instagram menjadi favorit para penggunanya untuk berekspresi di dunia maya.

Perkembangan fotografi khususnya fotografi ponsel telah menghasilkan foto dengan kualitas yang semakin baik. Seiring dengan hal tersebut, warganet kerap menggunakan Instagram untuk berbagi atau pamer foto kegiatan sehari-hari, makanan, tempat wisata, hingga selfie.

Lebih lanjut, Instagram juga dimanfaatkan oleh penggunanya, baik individu maupun korporasi, untuk melakukan branding. Selain itu, media sosial ini juga dipakai untuk memberikan informasi terkait promosi produk maupun kegiatan tertentu.

Waktu untuk mengunggah konten di Instagram

Para pengguna Instagram sendiri biasanya membuka media sosial tersebut pada jam-jam tertentu, yaitu siang (antara jam 11-1) dan sore hari (antara jam 6-8). Pada saat makan siang, tak sedikit orang yang menyantap menu sambil mengecek media sosial mereka, terutama Instagram. Tujuannya untuk mengetahui kabar terkini, atau sekadar refreshing.

Setelah jam kerja, orang juga memeriksa linimasa Instagram saat perjalanan pulang. Sesampainya di rumah, orang pun biasanya akan mengecek sambil bersantai rebahan di sofa atau kasur. Melihat foto-foto yang menarik, tentunya akan membuat pikiran kita lebih rileks setelah melakukan aktivitas sepanjang hari.

Para influencer biasanya akan mengunggah foto menjelang jam-jam tersebut. Tujuannya tentu saja agar foto yang diunggah akan sebanyak-banyaknya dilihat, disukai, dan dikomentari oleh para follower.

Tentunya foto yang diunggah tidak boleh asal-asalan. Jika tidak, foto tersebut akan numpang lewat saja di linimasa Instagram dengan mendapat sedikit like dan komentar.

Pilih foto yang bagus untuk diposting di Instagram

Ada baiknya jika foto yang akan kita unggah adalah karya kita sendiri. Piihlah foto yang bagus, yaitu jelas objeknya, tidak blur, dan sebagainya. Kita bisa memilih foto pemandangan, makanan, atau yang lainnya. Karena saat ini kita lebih banyak di rumah saja, kita bisa gunakan foto-foto lama yang ada di folder smartphone atau computer.

Ada ungkapan “a picture speaks a thousand words”, karenanya kita perlu memersiapkan foto yang akan kita unggah. Foto yang bagus menjadi modal utama untuk mendapat perhatian lebih dari para follower Instagram kita.

Pengguna Instagram memiliki kecendeungan untuk melihat foto saja, dan tak banyak yang mau membaca captionnya. Foto yang bagus dengan caption seadanya atau tanpa caption sekalipun, bahkan bisa mendapatkan banyak like dan komentar.

Gunakan aplikasi penyunting gambar

Kadang foto yang hendak kita unggah memiliki kekurangan, bisa terlalu gelap atau terlalu terang, warna kurang tajam, ada objek yang mengganggu dan perlu di-crop, dan sebagainya. Jangan ragu untuk mengedit atau menyunting foto tersebut.

Instagram sendiri memiliki fitur untuk menyunting foto. Kita bisa memanfaatkannya.

Selain itu ada pula beberapa aplikasi lain yang kita gunakan. Misalnya aplikasi editing bawaan dari smartphone, atau aplikasi unduhan seperti Snapseed, Lightroom, dan yang lainnya. Jika kita ingin membuat gabungan foto dengan teks, aplikasi Canva bisa kita pergunakan.

Caption juga perlu diperhatikan

Pada beberapa kasus, caption pada unggahan Instagram juga perlu diperhatikan. Misalnya untuk promosi produk, informasi kegiatan, dan sebagainya. Dalam kasus ini, caption perlu dibuat secara detil dengan data-data yang dibutuhkan.

Jangan lupa sertakan tagar atau hastag pada caption tersebut. Hastag digunakan untuk menggolongkan tema atau topik yang lebih spesifik dan mempermudah orang lain untuk mencari topik yang saling berhubungan.

Misalnya saat kita memposting foto di Malioboro Yogyakarta, maka kita bisa menambahkan hashtag #malioboro, #malioborojogja, #jogja, dan sebagainya. Orang-lain yang ingin melihat suasana di jalan tersebut akan mencarinya pada kolom pencarian Instagram dengan memasukkan hastag di atas. Secara otomatis foto kita tersebut akan ditemukan.

Kita juga bisa melakukan mention atau menandai (tag) pengguna Instagram lainnya. Tujuannya agar pengguna tersebut mendapatkan notifikasi yang memberitahukan bahwa ia disebut dalam foto yang kita posting.

One thought on “Mempersiapkan Konten untuk Postingan Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *