Boga & Wisata

Liburan Aman dan Sehat di Masa Pandemi

Tips liburan aman dan sehat di masa pandemi

Sejak dua tahun lalu kita mengalami pandemi, dan banyak aktivitas harus teman-teman lakukan di rumah saja. Bekerja dari rumah, pembelajaran jarak jauh, dan beragam kegiatan sebisa mungkin dilakukan dengan menjauhi kerumunan dan tatap muka. Banyak tempat ditutup, misalnya destinasi wisata, sehingga rencana liburan harus ditunda.

Keadaan sudah berangsur membaik saat ini, walaupun pandemi masih belum benar-benar usai. Angka kasus positif rendah, tidak seperti pertengahan tahun 2021 lalu yang mencapai puncaknya. Tempat wisata mulai dibuka kembali sehingga teman-teman sudah bisa menikmati liburan kembali. Namun, protokol kesehatan harus dipatuhi agar teman-teman bisa melakukan liburan aman dan sehat.

Apakah Aman untuk Liburan di Masa Pandemi?

Meski pandemi mulai reda, kenyataannya varian baru dari virus Corona tetap bermunculan. Seperti varian delta, atau omicron. Tak heran jika ada kekhawatiran yang muncul, apakah aman untuk melakukan liburan dengen bekunjung ke tempat wisata di masa pandemi ini.

Menikmati liburan di masa pandemi ini bukanlah hal yang mustahil. Masyarakat yang sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 bisa berkunjung ke tempat wisata, demikian sebaliknya bagi yang belum divaksinasi.

Selain itu mereka yang dalam kondisi sakit, hasil tesnya menunjukkan positif Covid-19, serta belum selesai masa isolasi tidak boleh bepergian. Bepergian akan meningkatkan peluang untuk terinfeksi dan menyebarkan COVID-19.

Karenanya, teman-teman perlu melakukanlah perencanaan dengan matang. Pertimbangkan pula risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan dan kondisi dari daerah yang akan dikunjungi

Tips-Tips Liburan Aman dan Sehat di Masa Pandemi

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan liburan di masa pandemi ini. Dengan menerapkannya, teman-teman tidak hanya menjaga kesehatan diri sendiri dan orang di sekitar, tetapi juga membantu perekonomian di sektor pariwisata bangkit kembali. Yuk, kita simak tips-tipsnya!

Kenali dan Minimalkan Risiko 

Sebelum melakukan liburan, teman-teman perlu mengenali risiko yang mungkin terjadi. Saat berlibur ke tempat wisata di masa pandemi, risiko penularan virus sangat mungkin terjadi. Karenanya, teman-teman perlu melakukan upaya pencegahan untuk meminimalkan terjadinya risiko tersebut.

Teman-teman perlu mendapatkan vaksinasi Covid-19. Vaksinasi memang tidak mencegah terjadinya penularan, tetapi mampu mengurangi dampak yang timbul apabila terkena Covid-19 tersebut. Selain vaksinasi, syarat-syarat tes Covid-19 saat melakukan perjalanan juga harus dilakukan.

Pilih Liburan yang Aman

Pilihlah liburan yang aman, baik dari segi tempat berlibur maupun aktivitas yang akan dilakukan.    Bila teman-teman berencana pergi ke destinasi wisata untuk menikmati matahari terbit atau terbenam, ada kemungkinan tempat tersebut akan banyak pengunjung pada jam-jam tertentu. Karenanya, hindari waktu yang ramai tersebut.

Atau jika teman-teman memilih aktivitas snorkeling, maka setiap orang yang akan memakai pelampung dan alat-alat snorkeling yang pernah dikenakan orang lain. Pastikan agar peralatan yang digunakan bergantian tersebut bersih dan aman.

Selalu patuhi protokol kesehatan

Teman-teman tetap harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker sepanjang perjalanan, menjaga kebersihan tangan, menjaga jarak dengan orang lain. Selalu siapkan hygiene kit seperti masker, hand sanitizer serta obat-obatan yang diperlukan.

Selain itu perhatikan pula kebersihan tempat wisata dan rest area yang mungkin teman-teman singgahi, misalnya tempat makan atau toiletnya. Pilihlah tempat yang terjaga kebersihannya serta menerapkan prosedur kesehatan yang baik.

Belanja oleh-oleh dari UMKM lokal

Sambil menikmati liburan bersama keluarga,  alangkah baiknya jika teman-teman juga membantu kesejahteraan UMKM lokal. Berbelanjalah oleh-oleh dari UMKM lokal tersebut, misalnya makanan atau kue, hingga suvenir. Dengan melakukan hal ini, teman-teman ikut membantu pergerakan roda ekonomi masyarakat di sekitar tempat wisata.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa teman-teman lakukan untuk liburan aman dan sehat di masa pandemi. Semoga bermanfaat.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *