Cara Membuat Website Sendiri

cara membuat website sendiri

Salah satu pertanyaan yang sering dikemukakan oleh mereka yang baru mengenal website yaitu bagaimana cara membuat website. Mempunyai sebuah website memang memberikan banyak manfaat, mulai dari portofolio, branding, hingga promosi.

Keinginan seseorang untuk membangun atau memiliki website kadang hanya sampai sebatas keinginan tersebut belaka. Ketidaktahuan bagaimana membuat website mungkin menjadi salah satu kendala yang dihadapi. Padahal, membangun sebuah website bukanlah hal yang sulit dilakukan.

Pemanfaatan teknologi digital terus meningkat, apalagi di masa pandemi dan normal baru saat ini. Melalui gawai seperti telepon pintar atau laptop, masyarakat kini kerap membuka aplikasi, media sosial, hingga website untuk mendapatkan informasi hingga berbelanja secara online. Perilaku ini menjadi peluang yang perlu dimanfaatkan, misalnya dengan membuat website untuk portofolio atau branding, seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Membuat Website Sendiri

Kita tak harus jago coding untuk membangun website. Berikut Wuninga jelaskan cara membuat website sendiri dengan mudah.

Menentukan Tema Website

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tema untuk website yang akan dibuat. Apakah untuk toko online, perusahaan, portal berita, atau blog pribadi. Pemilihan tema ini penting, agar di kemudian hari konten yang akan ditulis ke dalam website lebih fokus.

Menentukan Nama Domain

Seperti halnya nama orang, nama domain merupakan identitas bagi website. Tentukan nama domain yang mudah diingat, dan tentukan juga ekstensinya apakah akan menggunakan ekstensi .com, .net, .id, dan sebagainya. Nama domain bisa berupa nama orang, toko, atau perusahaan, juga bisa berupa kata yang unik. Misalnya, kata ‘wuninga’ yang dipakai untuk nama website atau blog ini. Wuninga merupakan kata dalam bahasa Jawa yang artinya tahu atau mengetahui.  Nama ini dipilih karena website atau blog ini ditujukan untuk memberikan informasi atau pengetahuan bagi pembaca.

Setelah kita memilih nama domain yang akan dipakai, jangan lupa cek ketersediaan domain tersebut. Nama dan ekstensi yang dipakai tersebut harus belum pernah digunakan oleh website lain. Jika domain tersedia, segera lakukan registrasi domain tersebut. Regastrasi ini bisa dilakukan melalui web hosting.

Desain Website

Desain menjadi daya tarik sebuah website bagi para pembaca, karenanya desain ini perlu mendapat perhatian. Misalnya untuk sebuah toko online, gunakan desain yang menarik dan user friendly agar pengunjung bisa mudah melihat satu barang ke barang lainnya, satu halaman ke halaman lainnya, serta mudah dalam melakukan transaksi.

Seseorang mengunjungi toko online belum tentu akan langsung berbelanja. Bisa saja ia akan melihat-lihat produk dan membandingkannya dengan ‘toko sebelah’. Jika pengunjung mendapatkan pengalaman kurang menyenangkan saat mampir ke sebuah website toko online, biasanya ia tidak akan kembali berkunjung ke website tersebut. Jika sudah demikian, jangan harap ia akan melakukan transaksi atau berbelanja.

Memilih Web Hosting

Untuk membuat website, diperlukan web hosting.  Dalam web hosting tersebut terdapat penyimpanan data berupa file, foto, video yang akan ditampilkan di website. Besar kecilnya kapasitas web hosting akan memengaruhi jumlah data yang bisa disimpan di dalamnya.

Banyak web hosting yang ada di dalam negeri. Pilihlah penyedia layanan hosting yang tepat, karena hosting menentukan performa website, seperti gampang diakses, tidak down saat dikunjungi banyak pembeli, dan sebagainya.

Bermacam paket layanan ditawarkan oleh penyedia layanan hosting. Pilih paket yang sesuai kebutuhan, misalnya besarnya kapasitas penyimpanan, bandwith, dan sebagianya. Perhatikan juga bagaimana support dari penyedia layanan hosting tersebut apabila terjadi masalah atau keluhan di kemudian hari.

Layanan Hosting di Hoster.co.id

Salah satu penyedia layanan hosting yang bisa kita gunakan adalah Hoster.co.id, karena memiliki beberapa keunggulan. Berikut beberapa keunggulan dari web hosting ini.

Harga Murah

Harga murah menjadi salah satu keunggulan dari Hoster.co.id ini.  Dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 199.000 per tahun, maka web hosting ini menjadi pilihan tepat. Meski harganya murah, kualitasnya tidak murahan.

Layanan Lengkap

Hoster.co.id memberikan sebuah layanan lengkap. Dengan tagline “Unlimited SSD Hosting”, penyedia layanan ini menjadi solusi biaya murah dengan kualtias dan bantuan support terbaik, serta menghasilkan hosting super cepat.

Ada beberapa paket layanan yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan, yaitu Littleone, Hosterone, dan Monsterone.  Apa saja yang ditawarkan oleh paket-paket tersebut, bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

30 Hari Garansi Uang Kembali

Jarang ada hosting yang mau memberikan garansi uang kembali jika kita mendapatkan layanan atau pengalaman yang tidak sesuai ekspektasi. Hoster.co.id bernai memberikan garansi 30 hari uang kembali sebesar 100 persen.

Dukungan Customer Service

Tidak semua orang bisa mengerti bagaimana cara membuat website. Namun, kita tak perlu khawatir jika menggunakan layanan Hoster.co.id ini. Ada customer service yang ramah dan siap membantu apabila kita mengalami kesulitan.

Lokasi Server di Indonesia

Hoster.co.id menggunakan server yang berlokasi di Indonesia. Lokasi yang berada di dalam negeri ini akan membuat akses dari pelanggan ke server lebih dekat, sehingga bisa mengurangi latensi (perlambatan yang dialami oleh pengguna karena data melakukan perjalanan bolak-balik melalui jaringan).

Nah, semoga informasi pada tulisan ini bisa membantu teman-teman untuk membuat website sendiri dengan mudah.

Baca juga: Mempersiapkan Konten untuk Postingan Instagram

1 Comment

  1. Nina Zuyyinah

    Di hoster layanannya super lengkap ya, kita bisa pilih yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Leave A Comment